Rabu, 11 Maret 2015

cacatan pendakian gunung rinjani

CATATAN PERJALANAN GUNUNG RINJANI LOMBOK 3726 MDPL

11 Oct
setelah lama tidak menulis dan membuka blog ini ada keinginan mengisinya lagi ,walau disisi lain saya buka blog ini karena tugas dari kampus -,-
Kali ini saya akan menceritakan sebuah perjalanan yang saya lakukan bersama teman saya sekitar tanggal 30 agustus hingga 9 september 2014
berawal dari pertemuan di puncak gunung sindoro daerah temanggung wonosobo jawa tengah sekitar bulan april dengan bang arif dewa akhirnya saya dengan dia merencanakan sebuah perjalanan ke luar pulau jawa ,,,yeaaah lombok island :D
pulau lombok yg sekitar tahun 97 di juluki dengan pulau seribu masjid itu adalah destinasi kami ..
rencana nya kami akan menapaki gunung berapi tertinggi kedua di indonesia itu dan puncak impian para pendaki ..gunung rinjani dengan segala keindahannya menyuguhkan danau segara anak yg sangat indah dan pemandangan yang luar biasa .
setelah menetapkan tanggal keberangkatan saya sendiri baru tau bahwa bang arif mengajak kedua temannya yg berasal dari bogor ,,bang muis dan bang cahya ,,mereka berdua adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan kehutanan di IPB ,dan bang arif adalah seorang mahasiswa tingkat akhir jurusan sistem informasi di universitas gunadarma ,,yaah bang arif adalah senior saya hehe karena saya adalah mahasiswa baru angkatan 2014 di univ.gunadarma jurusan teknik mesin :D
30 agustus 2014
siang hari sekitar jam 13.30 saya berangkat menuju stasiun pasar senen dari rumah saya yg berada di daerah matraman jakarta timur ,,sampai di stasiun pasar senen saya menunggu teman” saya d depan loket dengan kesepakatan jam 14.00 kami sudah ada di stasiun ..tapi apa daya dengan kondisi ibu kota yg macet dimana mana ketiga rekan saya baru sampe sekitar jam 14.50 -,-
setelah team berkumpul semua akhirnya kita masuk ke dalam stasiun d peron 3 menunggu kereta brantas yg berangkat jam 15.40 …selama menunggu kereta kami sempatkan untuk sholat ashar terlebih dahulu d mushola stasiun ,,
kereta brantas tiba kami semua masuk kedalam kereta ,tujuan kami pertama ini adalah stasiun madiun .
31 agustus 2014
pagi sekitar jam 03.00 kami tiba di madiun ,istirahat menunggu matahari terbit ..oh iya tujuan pertama kami di madiun karena akan transit kereta dengan ka.sri tanjung yg akan mengantarkan kami ke banyuwangi ,,ka.sritanjung berangkat dari madiun sekitar jam 09.00 ..
pagi hari sekitar jam 07,00 kami mencari sarapan di luar stasiun ,,dengan menu pecel khas madiun kami berempat mengisi perut yang selama di kereta tidak makan ,cuma minum doang haha (IRIT)
IMAG0408
kereta sritanjung datang tepat waktu ,kami semua langsung masuk kedalam kereta ,,selama di perjalanan kami bertemu dengan 3 orang dari kota solo yang akan melakukan pendakian ke gunung rinjani juga ,,aseek dapet barengan hehe karena jujur diantara kami ber4 belom ada yg pernah ke lombok ,hanya berbekal info dari internet :)
sekitar pukul 21.00 kami tiba d stasiun banyuwangi ..kami yg pertama dari jakarta berjumlah 4 orang tapi sampai di banyuwangi menjadi 11 orang karena bertemu 3 orang dari solo dan 4 orang dari jakarta ..
kami langsung mengunjungi sebuah warung untuk mengisi perut :D
setelah selesai makan kami menuju ke pelabuhan ketapang yang dapat di tempuh jalan kaki dari stasiun banyuwangi ,,pelabuhan ketapang dan stasiun banyuwangi itu deket banget cuma nyebrang jalan jadi hiraukan tawaran ojek yg menawarkan jasa ke pelabuhan :)
IMAG0416
sampai d pelabuhan kami langsung beli tiket(6500) dan masuk ke kapal ,menurut info yg d dapat untuk menyebrang dari pulau jawa ke pulau bali itu 1 jam ,,tapi kenyataan hanya 45 menit heheh :)
sekitar pukul 24.00 kami tiba d pelabuhan gilimanuk bali dan sejenak istirahat ,tidak lama datang seorang bapak” dan ternyata dia adalah calo terminal,,dia menawarkan angkotan bis langsung menuju pelabuhan padangbai seharga 50.000 dan di tempuh selama waktu 5 jam .
tidak berfikir lama kami semua langsung mengiyakan tawaran bapak itu tadi ,,selama d perjalanan saya tertidur karena lelah setelah menempuh perjalanan dari jakarta ..
sekitar pukul 06.00 pagi saya di bangunkan bang arif karena ternyata bis sudah sampai d pelabuhan padangbai .
istirahat sebentar kami langsung masuk ke pelabuhan dan menaiki kapal yang akan mengantarkan kami kelombok  .
IMAG0425keadaan didalam kapal
setelah menempuh waktu 5 jam kami semua sampai di pelabuhan lembar ..disini kami bertemu dengan teman bang arif yg menawarkan jasa angkutan langsung menuju basecamp sembalun dengan kendaraan daihatsu xenia tarif 50.000 perorang ..
pukul 12.00 kami sampai di pasar aikmel,disini kami melengkapi logistik untuk 4 hari d atas gunung ..sekalian mengisi perut dengan makanan khas lombok yang sambelnya super mantap :D
IMAG0428
Perut sudah di isi kami lanjuutkan perjalanan menuju basecamp ,,sampai d basecamp sembalun kami melakukan proses registrasi simaksi ,,setelah selesai kami berdiskusi dengan ke 11 teman kami yang bertemu di kereta tadi sebab hari sudah mulai gelap dan bingung mau langsung tracking malam atau besok pagi,,akhirnya ke empat orang yg dari jakarta memutuskan tracking besok dan saya beserta teman saya langsung tracking malam ini sekitar pukul 20.30 ..
berjalan di dinginnya malam gunung rinjani adalah suatu keistimewaan,,di sepanjang perjalanan banyak bertemu dengan anjing hutan ..
setelah berjalan lumayan lama akhirnya kami sampai d pos 1 ,disini kami hanya istirahat sebentar karena kalo istirahat terlalu lama suhu badan bisa menjadi dingin dan malas untuk melanjutkan perjalanan lagi ,,jarak antara pos 1 dan pos 2 lumayan dekat dan kami memutuskan untuk camp d pos 2 dan besok pagi” sekali langsung packing dan track menuju ke plawangan sembalun ..
tenda selesai dibuat ,kami menyantap makanan yg sempat kami beli d pasar aikmel tadi ..
selesai makan semua team tidur ..
keesokan harinya tepat pukul 07.00 kami semua sudah siap untuk melanjutkan perjalanan yang masih sangat panjang ..
kalo tadi malam jalan kedinginan ,sekarang siang jalan kepanasan ..bayangkan berjalan d sabana yang luas dan sangat panas ,,aduuuh -,-”
IMAG0436IMAG0434
haus karena panasnya rinjani membuat mental  saya down ,tapi dengan semangat dan percaya diri bahwa saya pasti bisa akhirnya membangunkan mental saya ,setelah ,melewati pos 3 kami di suguhkan dengan bukit penyeselan …ya bukit penyesalan adalah 7 bukit yang menjulang tinggi ,,kita naik 1 bukit sampai di puncak ada bukit yg lebih tinggi lagi hingga 7 bukit ..itulah bukit penyesalan …dinamakan bukit penyesalan karena dlu ada seorang bapak” yg mendaki gunung rinjani setelah lewat bukit ini bapak itu bilang ”saya menyesal mendaki gunung ini” hingga saat ini bukit itu disebut bukit penyesalan ,,
sebenernya sih menurut saya bukan bukit penyesalan tapi bukit PHP ,,,bayangkan puncak udah keliatan eh masih ada lagi puncak yg lebih tinggi -,-”
ini foto di sela sela perjalanan bukit penyesalan’
IMAG0438IMAG0441
setelah 7 bukit di lewati ,sampai juga kami di atas bukit ke 7 dengan background segara anak yang subhanallah luar biasa indahnya ..
IMAG0457
IMAG0460
tapi perjalanan belom selesai kita harus berjalan lagi untuk sampai ke plawangan sembalu ..plawangan sembalun adalah camp arena terakhir sebelum puncak ..
sampai di plawangan :D
IMAG0463IMAG0485
IMAG0499
PUKUL 15.00 kami sampai di plawangan ,,disini sudah banyak porter” yang disewa oleh wisatawan mancanegara ,,
kami gelar tenda ,bikin makanan dan istirahat untuk persiapan nanti jam 12 malam summit ,,
pukul 12 malam kami semua sudah siap dengan semua perlengkapan dan sebelom summit tak lupa kami berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan ,keselamatan,dan kesehatan ,,jalan kira” 15 menit kami merasa ada yang aneh ,jalur yang tadinya setapak berujung ke jurang yang sangat dalam ,,akhirnya kami harus melipir tebing dan naik untuk menemukan jalur yang benar ,,akhirnya ketemu bule yg sedang istirahat ,kami sempatkan menyapa dan berjalan lagi ,,,rinjani malam itu sungguh indah ,,bintang bertaburan di atas langit menjelaskan kebesaran sang pencipta ,,
pukul 03.00 kami tiba d plawangan rinjani ..dijalur ini anginnya sangat kencang ,,badan saya saja bisa terbawa angin itu ,,dengan langkah tertatih saya menapaki pasir pasir dan batu batu gunung tertinggi kedua itu ,,hampir putus asa ketika saya lemas dan tidak kuat karena angin yang memang begitu besar nya,,di sela” batuan besar saya berlindung dari jahatnya angin itu ..sempat pula saya tertidur karena lelah -,-”
saya sempat berfikir untuk tidak melanjutkan perjalanan tapi hati saya berkata ”kenapa harus menyerah setelah melakukan usaha sepanjang ini” saya berusaha meyakinkan bahwa saya bisa ..saya berjalan sangat pelan ,,kejadian ini saama ketika saya mendaki gunung tertinggi di pulau jawa ,gunung semeru ,dengan pasirnya yang membuat kaki saya naik 2 langkah turun 1 langkah -,-”
melewati jalur leter S yang sangat menantang ..
ketika saya lihat ke atas ternyata puncak sudah keliatan ,sang surya pun ikut memunculkan warna jingganya yang menawan ,,tak lama sebelum puncak saya berhenti lama ,menantikan sang surya muncul ,subhanallah keindahan itu tidak bisa saaya utarakan disini ..
saya lanjutkan berjalan lagi hingga terdengar teriakan kawan saya mengatakan ”yogaa kita sampai di puncak dewi anjani”
saya langsung bersujud terharu mengumandangkan takbir dan meneteskan air mata karena melihat sungguh kecil saya di hadapannya ,,tidak ada apa”nya saya dibanding dengan alam ini ,,
semua team sampai d puncak .
IMAG0513IMAG0510IMAG0542IMAG0472
catatan perjalanan ini hanya perjalan berangkat ,,perjalanan pulang akan saya update apa bila ada waktu :D