Jumat, 13 Maret 2015

perjalanan 7 summits expedition indonesia

JURNAL PERJALANAN PENDAKIAN EVEREST
7 SUMMITS EXPEDITION INDONESIA

Kamis, 29 Maret 2012
Tim 7 Summits Expedition dilepas oleh keluarga besar Wanadri beserta keluarga tim 7 Summits Expedition di Bandara Soekarno-Hatta. Pukul 17.000 WIB. Tim berangkat menuju Abu Dhabi dengan menggunakan pesawat Etihad dan tiba pukul 24.00 waktu setempat atau sekitar pukul 03.00 WIB.

Tim transit selama 12 jam di bandara Abu Dhabi serta beristirahat untuk menyesuaikan jam biologis dengan waktu setempat/ Sarapan dan makan siang dilakukan sambil beradaptasi terhadap jet lag yang dirasakan oleh semua anggota tim serta bergantian beristirahat untuk menjaga barang.

Jum'at, 30 Maret 2012
Tim 7 Summits Expedition mulai melanjutkan perjalanan pada pukul 13.55 WAD atau 16.55 WIB menuju Kathmandu dengan menggunakan maskapai penerbangan yang sama, yitu Etihad. Kurang lebih selama empat jam Tim mengudara dan tiba di Bandara Tribhuana Kathmandu pukul 19.30 waktu Nepal atau pukul 20.45 WIB.

Mengurus visa adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Tim dan memakan waktu yang cukup lama karena antri beberapa penumpang lainnya yang mengurus visa on arrival. Selama mengambil bagasi Tim keluar Bandara Kathmandu menuju Hotel Fuji tempat mereka menginap. Di luar bandara, Tim 7 Summits Expedition sudah dijemput oleh Konsulat Pemerintah RI di Nepal serta guide Tim. Sedikit uparcara penyambutan dilaksanakn di halaman parkir bandara yaitu pengalungan selendang puja sebagai tradisi ucapan selamat datang di nepal. Selanjutnya Tim 7 Summits Expedition diantar menuju Hotel Fuji yang terletak di kawasan Thamel, Kathmandu. Tim 7 Summit melalui malam itu dengan terlelap membayar kekurangan tidur saat transit di Abu Dhabi.

Sabtu, 31 Maret 2012
Tim ekspedisi bangun agak siang beradaptasi dengan waktu setempat yang lebih lambat satu stengah jam dibandingan dengan Jakarta. Dari briefing yang dilakukan seusai sarapan, tim perlu membeli beberapa kekurangan kecil perlengkapan. Selain itu, tim juga harus bertemu dengan guide dan agen ekspedisi Mountain Experience. Untuk menghemat waktu tim dibagi dua, sebagian berbelanja dan yang lainnya mengurus administrasi dengan agen perjalanan ekspedisi. Kondisi cuaca cukup cerah, sedikit berdebu, dan matahari bersinar sepanjang hari menghangatkan suasana kawasan Thamel yang dijelajahi guna memenuhi perlengkapan sesuai kebutuhan.

Perlengkapan tambahan semuanya sudah terpenuhi, demikian juga pertemuan dengan agen perjalanan terlaksana sesuai jadwal. Malam hari selesai briefing Tim beristirahat untuk perisapan hijrah ke hotel yang telah disediakan oleh agen perjalanan.

Kondisi Tim 7 Summits Expedition sendiri pun sehat walafiat, selera makan juga masih bagus. Keluar masuk kawasan Thamel saat mencari perlengkapan membantu tim dalam menjaga stamina.

Minggu, 1 April 2012
Tim Utara dan Tim selatan sudah bertemu dengan agen dan menginap di hotel Fuji – Kathmandu. Tim melakukan briefingm check medis dan perlengkapan. Keesokan harinya Tim Utara dan Selatan akan melakukan trekking dan proses aklimatisasi di masing-masing jalur.

Senin, 2 April 2012
Pukul 08.00 waktu Nepal atau 09.30 WIB, Tim Selatan yang terdiri dari Fajri Al Luthfi dan Ardeshir Yaftebbi, serta manager Tim Selatan, Florenciano Hendricus Mutter masih di kathmandu. Keesokan harinya, Tim Selatan baru akan terbang ke Lukla.

Sementara Tim Utara yang terdiri dari Nur Huda dan Iwan Irawan serta manager Tim Utara, Galih Donikara bergerak menuju Rolwaling Area menggunakan bus yang menempuh perjalanan selama 8-9 jam. Perjalanan menuju Rolwaling melalui medan yang cukup sulit, Tim harus melewati jalan berliku curam dan menanjak sampai dengan ketinggian 2.280 meter di atas permukaan laut (mdpl). Setengah perjalanan melalui jalan beraspal, selebihnya menurun berbatu dan berdebu hingga 950 mdpl. Beberapa kali bus berhenti untuk isi bensin dan makan siang di daerah Mulde. Perlajanan berhenti pada pukul 18.25 wakti Nepal di derah Gongurkola, setelag menempuh perjalanan selama 10 jam. Cuaca sepanjang perjalanan mendung. Tim dalam keadaan kondisi sehat dan nafsu makan masih terjaga.

Selasa, 3 April 2012
Tim Selatan : Pukul 08.00, Tim mulai bergerak menuju Lukla dengan pesawat terbang dariBandara Tribhuana Kathmandu dan tiba di Lukla pukul 09.06. Dari Lukla, mereka berjalan menuju desa Monjo sepanjang perjalanan Tim di dera hujan es sebesar biji kacang jikau, yang menurut Sherpa belum pernah terjadi sebelumnya,

Tim Utara : Pukul 06.00, Tim sudah disipakan air panas untuk cuci muka, serta disambut hidangan the manis. Selanjutnya setelah sarapan pagi, Tim Utara melanjutkan perjalanan dengan melakukan trekking dimulai ketinggian 1.220 mdpl menuju ketinggian 2.000 mdpl di daerah Simigaon. Berjalan perlahan dengan pasti, setapak demi setapak tanjakan Tim Utara lalui sekaligus melakukan aklimatisasi. Setiap 1 jam sekali beristirahat untuk melepas lelah dan dahaga. Setelah 3 jam melakukan perjalanan Tim Utara akhirnya tiba di lokasi yang dituju yaitu daerah Simigaon. Tim beristirahat, makan siang, dan selonjoran menanti waktu makan malam.

Rabu, 4 April 2012
Tim Selatan : Tim sudah tiba di Namche Bazaar (3.440 mdpl) pukul 14.00 waktu Nepal. Start dari Phakding (2610 mdpl) pukul 07.30. Cuaca sepanjang perjalanan cerah. Tim Selatan makan siang di Jorsale pukul 11.00 – 12.00. Sebelum masuk Jorsale tim sempat mengurus ijin masuk ke Sangarmatha National Park sekitar 30 menit karena panjangnya antrian. Lokasi kantornya kira-kira 15 menit dari deja Monjo. Lintasan penuh tanjakan panjang, terutama setelah dari Jorsale menjelang masuk ke Namche. Tim dalam kondisi sehat dan selera makan cukup tinggi. Waktu tempuh Phakding ke Namche Bazaar tanpa istirahat panjang ditempuh sekitar 5 jam. Cuaca malam hari cerah dan suhu adalah 9 derajat celcius.

Tim Utara : Perjalan trekking hari ini menuju Dunkang melalui lereng dan lembahan tanpa terasa ketinggian bertambah secara perlahan sampai dengan ketinggian 2395 mdpl ketika Tim Utara beristirahat untuk makan siang. Cuaca cerah dan teduh, seperti biasanya setiap 1 jam istirahat untuk melepas lelah dan dahaga ditimpali cerita tentang bunga laliguras, bunga nasional Nepal yang banyak tumbuh sepanjang jalan. Menu makan siang kali ini adalah kentang goreng, sub kacang, semur daging yak, acar wortel, dan ditutup dengan nanas.

Kamis, 5 April 2012
Tim Selatan : Ini adalah hari istirahat untuk Tim Selatan, Tim Selatan hanya keliling daerah Namche dan santai-santai menyimpan tenaga. Besok targetnya adalah Khumjung (3790 mdpl). Lalu lusa istirahat lagi, ini penting mengingat Tim Selatan mulai masuk ketinggian 3.800 mdpl di mana rawan terkena Acute Mountain Sickness (AMS). Kondisi cuaca hari ini dari pagi sampai siang cerah dan berangin, kemudian siang ke sore berawan. Suhu pada siang adalah 12 Celcius, dan turun ke 9 Celcius. Tim Selatan beraklimatisasi dengan baik, semua sehat, demikian pula dengan anggota tim dari negara yang lain (Jepang).
Masakan tidak banyak bervariasa di desa-des sepanjang perjalanan. Kalau bosan makan kari, tim makan kentang goreng dan telur, atau nasi goreng. Dan makanan khas perbekalan yang dibawa dari Jakarta yaitu Rendang yang telah dikeringkan sudah mulai dikeluarkan untuk membangkitkan nafsu makan,

Tim Utara : Perjalanan hari ini dimulai pukul 07.45 waktu setempat menuju Beding. Kondisi cuaca cerah dan panas rute melingkari lereng pegunungan. Di sungai Gaurishankar tim melakukan doa bersama dipimpin oleh guide, kemudian melakukan tradisi mencipratkan air sungai sebanyak 5 kali dan meminumnya 3 kali diakhiri dengan membuat tumpukan batu 5 tingkat. Perlahan tapi pasti ketinggian semakin bertambah, setelah makan siang dipinggir kali, Tim Utara sempat mampir di daerah Nemare dimana ada tempat petilasan saat Shiva dan Kumari menjejakkan kakinya sebelum terbang menghilang ke angkasa. Pada pukul 15.00 akhirnya Tim Utara tiba di daerah Beding 3.800 mdpl. Sambil menunggu dinner Tim diajak jalan-jalan menaiki bukit di belakang camp dengan ketinggian 4.000 mdpl.

Ju'mat, 6 April 2012
Tim Selatan : Kemarin malam pukul 22.00 waktu setempat salju turun cukup deras. Shu turun sampai 2 Celcius sehingga pagi ini, kondisi seluruh desa Namche begitu indah karena atap-atap rumah, dan jalanan diselimuti warna putih. Tim selatan melakukan sarapan pukul 08.30 di restoran Lodge tempat tim menginap sejak dua malam (Himalaya Sherpa Lodge), lalu ke luar untuk minum kopi sebentar di salah satu kedai kopi bernama Illy di tengah – tengah desa sambil menikmati pemandangan. Pukul 11.00, Tim Selatan berangkat meninggalkan Namche Bazaar untuk naik menuju Khumjung. Sejak start dari Lodge, jalan sudah menanjak tajam di pinggir lereng melewati gang-gang rumah penduduk.Pelan namun pasti desa Namche Bazaar semkin jauh tertinggal di bawah sana. Di atas, pemandangan semakin mempesona, semua anggota Tim Selatan bolak balik mengeluarkan kamera dan handycam untuk mengabadikannya. Satu jam berjalan, Tim Selatan tiba di Syangboche. Lokasi bandara paling tinggi di jalur selatan. Dari sini jalan masih menanjak tetapi tidak lagi tajam. Cuaca mendung agak dingin membuat perjalanan tak terlalu melelahkan. 20 menit dari Syangboche, tim tiba di pucuk tanjakan, ditandai oleh keberadaan kuil kecil menawan, lalu jalan mulai menurun.

Kabut terkuak menampilkan desa Khumjung di ujung tikungan. Ini namanya cinta pada pandangan pertama. Ini adalah desa yang paling indah yang pernah dilihat. Putih diselimuti salju, bangunan bersusun rapi berbentuk kotak-kotak dengan atap didominasi seng berwarna biru. Gerbang bertuliskan “Welcom to Khumjung 3.790 mdpl” penuh ukiran dan gambar spiritual yang seronok. Dari gerbang, jalan dipisah dua oleh tumpukan rapih batu-batu berukir doa. Sebelah kiri adalah jalan menuju desa, dan sebaliknya. Dua bangunan kuil lengkap dengan roda-roda dan bendera doa dilewati saat semakin dekat dengan pemukinan. Matahari tiba-tiba saja muncul menyambut ramah, menguak awan putih menjadi langit biru cemerlang. Sungguh hari yang indah.
Pukul satu siang, lebih beberapa menit, Tim Selatan berhenti di Tashi Frienship Lodge & Restaurant. Ini titik finish Tim Selatan hai ini, sekaligus tempat mereka bermalam. Sambutan duk cha (the susu) panas di restaurant Lodge segera memulihkan tenaga. Tim makan siang dengan menu Dhal bat (nasi dengan kuah penuh rasa rempah, sayuran rebus, kentang rebus kunyit, ditambah telur matasapi). Suhu saat ini 13.8 Celcius dengan matahari mulai bersembunyi.

Tim Utara : Salju tebal menutupi daerah Beding akibat lebatnya salju yang turun pada kamis malam. Sehingga hari ini menjadi rest day untuk Tim Utara. Tim Utara melakukan jalan-jalan pagi gembira tanpa beban setelah sarapan menuju ketinggian secara perlahan selama tiga jam pulang pergi.
Setelah itu, Tim Utara kembali ke Camp untuk makan siang. Kondisi cuaca cukup cerah walaupun banyak salju terhampar dimana-mana dan pada saat sore hari salju kembali tutun. Keesokan harinya, Tim Utara akan berkunjung ke Monastry dan berjumpa dengan LAMA untuk melakukan puja doa bersama Tuhan untuk memohon kesehatan, kelancaran, keselamatan, serta kesuksesan untuk pendakian aklimatisasi maupun pendakian Everest.

Sabtu, 7 April 2012
Tim Selatan : Hai ini adalah Rest day untuk Tim Selatan dan masih berada di Khumjung untuk beraklimatisasi menjelang ketinggiang 4.000 mdpl.

Tim Utara : Hari ini Tim Utara akan melakukan trekking menuju Na (4200 mdpl) pada pukul 09.00 waktu setempat setelah berpamitan dan berdoa bersama di Monastry Gaurishangkar yang bersejarah dan dikeramatkan. Tim ditemani salju-salju yang turun sepanjang perjalanan. Tim tiba di atas ketinggian 4.200 mdpl pada pukul 13.45 waktu setempat kemudian berisitirahat sejenak dan melanjutkan jalan-jalan santai untuk menmbah ketinggian menjelang makan malam.

Minggu, 8 april 2012
Tim Selatan : Hari ini Tim terjaga pukul 04.30 pagi waktu setempat karena jam 20.00 malamnya sudah tidur lelap. Dan suhu pagi sangat dingin sekitar -9 Celcius. Pukul 09.10 usai sarapan sandwich telur dan keju Tim Selatan mulai berjalan meningglkan Khumjung. Cuaca pun cukup cerah , matahari menyilaukan, gumpala salju yang turun tadi malam masih terlihat di atap-atap rumah. Jalanan becej oleh salju yang mencair. Tim berjalan penuh sukacita dalam hangtanya matahari. Jalan menurun landai, meringankan langkah mereka. 30 menit kemudian jalan utama masih mengarah turun, namun Tim Selatan berbelok ke arah kiri mengambil jalan sempit berbatu. Lebarnya hanya sekitar satu meter, dan di beberapa bagian lebih sempit lagi. Jalan ini menanjak tajam berkelok-kelok memelipiri lereng curam. Semakin lama semakin tajam. Susunan batu berbentuk seperti tangga dengan tinggi tak beraturan dan dibeberapa bagian tidak kokoh, membuat Tim terus waspada. Wajah mulai basah oleh peluh dan nafas mulai memburu tak teratur. Tim mulai mengatur lebih perlahan, agar jantung tak perlu memompa terlalu kencang dan tubuh tak terancam gagal aklimatisasi. Jaket yang start berjalan masih dikenakan oleh Tim Selatan sekarang tidak lagi karena panas. Untung saja medn seperti ini tak berlangsung terlalu lama. Empat puluh menit kemudian mulai landai walaupun tetap sempit dengan jurang di sebelah kanan. Angin yang tadi tak terasa dingin, sekarang mulai terasa. Langkah mulai dipercepat untuk mengimbanginya, agar badan lebih hangat. Satu jam kami mulai berjalan di medan seperti ini melewati beberapa kawasan Yak yang sedang merumput, desa Mongla (3.920 mdpl) yang tadi jauh terlihat sekarang tercapai sudah. Tim berhenti di desa pukul 11.10 tepatnya di Hilltop restaurant.

Pukul satu lewat, Tim selatan kembali melanjutkan perjalanan. Kali ini medannya terus menurun tajam memasuki dasar lembah bersungai deras. Kira-kira 300 meter dalamnya Tim turun meliak-liuk sampai tiba di jembatan penyebrangan. Lalu jalan kembali menanjak namun tak terlalu panjang. Satu kali istirahat selama 5 menit berjalan kembali hingga akhirnya tanjakan tersebut tamat kami lahap dan tibalah di Phortse. Phortse (3.840 mdpl) adalah desa kecil jauh lebih kecil dibandingkan Namche Bazaar dan khumjung. Mereka langsung menuju tempat mereka akan bermalam (Phortse Lodge& Restaurant)

Tim Utara : Hari ini Tim Utara beristirahat di Na untuk melakukan aklimatisasi.

Senin, 9 April 2012
Tim Selatan : hari ini tim Selatan melanjutkan perjalanan untuk melakukan aklimatisasi di Dingboche (4.410 mdpl).

Tim Utara : Perjalanan hari ini dimulai pukul 08.30 waktu setempat rute langsung menanjak mengikuti punggungan gunung. Untuk menjaga kesehatan, Tim Utara berjalan perlahan menuju Yalung Base Camp dengan ketinggian 4.700 mdpl dengan waktu 4 jam lalu makan siang dan setelah itu kembali melanjutkan perjalanan santai untuk menambah ketinggian sampai dengan 5.000 mdpl. Tim melakukan aklimatisasi sambil menjelang makanmalam. Kondisi cuaca cerah dan panas, keadaan Tim Utara sendiri berada dalam keadaan sehat.

Selasa, 10 April 2012
Tim Selatan : Tim masih beristirahat di Dingboche (4.410 mdpl)

Tim Utara : Pergerakan Tim hari ini di luar rencana dikarenakan ada 1 member asal inggiris mengalami sakit dan harus dievakuasi demikian pula cuaca yang tidak memungkinkan (hujan salju semalaman, suhu -13 derajat) sehingga para porter tidak bisa mendukung perbekalan dan perlengkapan sampai Ramdung Base Camp, maka diputuskan hanya menambah ketinggian sampai dengan 5.200 mdpl kemudian turun ke desa Na untuk mengejar makan siang. Sebagai gantinya, besok akan mendaki gunung di atas desa Na sampai dengan ketinggian sekitar 5.000 mdpl. Kondisi Tim sehat, nafsu makan masih bagus berkat doping perbekalan dari Jakarta yaitu teri kacang dan balado kentang.

Rabu, 11 April 2012
Tim Selatan : Tim masih beristirahat dan melakukan aklimatisasi di desa Dingboche.

Tim Utara : Tim berada di desa Na, tetapi hujan salju turun sejak malam dan berlanjut sampai siang hari di desa tersebut sehingga rencana hiking aklimatisasi berubah setelah makan siang. Suasana tersebut membuat tim turut serta turun ke dapur untuk membantu tapi kemudian berhenti di ketinggian 4.500 mdpl kemudian turun ke desa Na untuk mengejar makan siang. Sebagai gantinya, besok akan mendaki gunung di atas desa Na samapi dengan ketinggian 4.500 mdpl karena salju kembali turun dengan lebat, suhu berkisar -3 Celcius. Tim turun kembali menuju camp di desa Na untuk bergabung dengan para juru masak untuk mempersiapkan dal bat sebagai santapan makan malam.

Kamis, 12 April 2012
Tim Selatan : Laporan via Satphone dari ketua pendaki, Ardeshir Yaftebbi, hari ini tim bergerak dari Dingboche ke Labuche. Kondisi cuaca yang cerah dan mendukung serta temperatur udara sekitar 12 derajat celcius membuat perjalanan Tim menjadi lancar. Malam ini Tim menginap do Lodge Lobuche. Besok pagi akan melanjutkan perjalanan ke Gorakcheep dan melanjuti perjalanan menuju Everest Base Camp.

Tim Utara : Laporan via SMS-Satphone dari Manajer Tim Utara, Galih Donikara, mengingat program aklimatisasi sudah mencukupi maka hari ini Tim terdiri dari 3 orang indonesia *Tim 7 Summits Expedition : Nur Huda, Iwan Irawan dan galih Donikara), 2 orang Swedia, 1 orang Inggris beserta guide dan para sherpa dibantu oleh para porter turun kembali dari desa Na menuju desa Beading.
Perjalanan samapi pukul 12.30 waktu setempat, kemudian setelah makan siang Tim melakukan jalan-jalan santai menuju Monastry yang ada di atas tebing dengan ketinggian 4.00 mdpl. Sebelum kembali ke camp, Tim mampir ke asrama dan sekolah anak-anak Rolwaling yang dikelola oleh LAMA yang berada di desa Beading.

Ju'mat, 13 April 2012
Tim Selatan : Laporan via Satphone dari ketua Tim pendaki, Ardeshir Yaftebbi, hari ini pukul 15.00 waktu setempat, Tim Selatan tiba di Everest Base camp (5.364 mdpl). Perjalanan yang dimulai dari Lobuche (4.940 mdpl) pukul 09.00 pagi waktu setempat berjalan lancar dalam cuaca cerah dengan temperatur rata-rata 10 derajat celcius. Setibanya di EBC, Tim langsung beristirahat sambil memperispakan foto-foto perjalan yang akan dikirim ke Jakarta, karena koneksu internet cukup baik.

Tim Utara : laporan via SMS-Satphone dari Manajer Tim Utara, Galih Donikara, Perjanjian hari ini dimulai pukul 09.00 waktu setempat dari desa Beading, 3.700 mdpl menuju desa Kelje 2.850 mdpl perjalanan tersebut ditempuh dalam waktu 5 jam. Kondisi cuaca pada waktu perjalanan cerah dan panas. Rute perjalanan cenderung menurun berliku, melewati dua jembatan sungai di empat desa yaitu Nymare, Ramding, Jablug dan Dunggang. Makan siang dilakukan di pinggir sungai Gaurishangkar tempat tim melakukan Puja saat berangkat.

Sabtu, 14 April 2012
Tim Selatan : laporan via Sat-phone dari Ketua Tim Pendaki, Ardhesir Yaftebbi, Tim beristirahat di basecamp sambil mencoba mengirim foto-foto tetapi signal tidak bagus dan tisak mendukung. Tim harus turun ke Gorak Sheep untuk mendapatkan signal. Tim berencana keesokan harinya (Minggu, 15 April 2012) baru akan ke Gorak Sheep.

Tim Utara : Laoran via SMS Staphone dari manajer Tim Utara, Galih Donikara, akhirnya setelah menempuh perjalanan selama 4 jam Tim tiba di desa Simigaon, desa terakhir sebelum kembali ke Kathmandu. Cuaca cerah dan panas, rute naik turun terutama setelah istirahat di desa Surmuje. Tim dalam kondisi sehat makan lahap apalagi diberik kesempatan menikmati hot shower, yang dimanfaatkan betul oleh masing-masing anggota Tim untuk membersihkan diri setelah kurang lebih 12 hari menahan diri tidak mandi.

Minggu, 15 April 2012
Tim Selatan : Laporan via SMS – Satphone dari Manajer Tim Selatan, Hendricus Mutter, Tim masih berada di Everest Base Camp, suhu pada saat subuh bisa mencapai -10 C. Itu terjadi antara jam 04.00 samapi jam 07.39 pagi waktu setempat. Rencana hari ini Tim turun ke Gorakshep untuk online dan mengirim gambar karena ternyata hanya di sana sinyalnya kuat dan kemudia kembali ke EBC untuk makan siang serta cek alat.

Tim Utara : Laporan via Satphone dari Manajer Tim Utara, Galih Donikara, hari ini Tim tiba kembali di kathmandu, setelah menempuh perjalanan 10 jam dengan bus dari desa Simigaon. Tim beristirahat di hotel yang disiapkan agent. Besok pagi (Senin, 16 April 2012) Tim akan mengirim foto-foto perjalanan.

Senin, 16 April 2012
Tim Selatan : Laporam via SMS-Satphone dari Manajer Tim Selatan, Florenciano Hendricus Mutter, rencana hari kemarin berubah, Tim tidak jadi turun ke Gorak Sheep, tetapi melakukan aklimatisasi ke camp 1 Pumori (5900 mdpl) dan mencoba mengirim data berupa berita dan dokumentasi foto-foto pendakian ke Jakarta, karena sinyal di tempat tersebut cukup mendukung baru kemudian kembali ke Everest Base Camp. Besok (Selasa, 17 April 2012) Tim berencana latihan ke Khumbu Ice Fall. Semua Tim hari ini dalam kondisi prima.

Tim Utara : Laporan via Sat-phone oleh Nurhuda. Hari ini tim beristirahat di Kathmandu. Selain itu, hari ini diisi dengan kegiatan mendatangi kantor perwakilan Thuraya (Satphone) di Kathmandu, untuk mendapatkan akses internet menggunakan satphone, sehingga berita, foto-foto dan video clip bisa dikirim selama perjalanan.

Selasa, 17 April 2012
Tim Selatan : Hari ini Tim melakukan aklimatisai dan beberapa latihan di berbagai variasi medan di Everest Base Camp, diantaranya arm rapell, yaitu turun dimedan terjal hanya menggunakan tangan. Selain itu, Tim juga berlatih di kondisi medan vertikal dengan percaya pada tali pengamanan, kaki dan ujung depan carmpon (front point) serta berlatih menggunakan alat. Latihan ini akan sangat berguna pada saat turun dari camp 3 menuju camp 2.

Tim Utara : Tim masih beristirahat dan melakukan aklimatisasi di Kathmandu.

Rabu, 18 April 2012
Tim Selatan : Hari ini Tim, setelah melakukan aklimatisasi di Everest Base Camp memulai melakukan aklimatisasi ke Lobuche east (6.900 m)

Tim Utara : Tim bangun pagi pada pukul 05.00 WN dan sarapan pukul 06.00 WN.Setelah itu pada 06.30 WN Tim berangkat menuju perbatasan Nepal-China, Tim tiba pukul 11.30 WN, dan Tim langsung mengurus keperluan administrasi dengan agen Tim maksi, lalu Tim mengantri untuk pemeriksaan ransel. Setelah itu, Tim melanjutkan perjalanan menuju Zhangmu,beristirahat sejenak dan langsung melanjuti perjalanan menuju Nyalam. Tim sampai di Nyalam pada sore hari sehingga Tim bermalam disana.

Kamis, 19 April 2012
Tim Selatan : Saat ini Tim masih dalam perjalanan dari Everest Base Camp menuju Lobuche.Tim mampir di Gorak Shep untuk mengirim gambar.Rencana sore ini (19 April 2012),Tim tiba di Base Camp Lobuche (5.000 mdpl),dan keesokan harinya, 20 April 2012 Tim akan naik ke High Camp (5.900 mdpl) pada pagi hari. Lusa, 21 April 2012 Tim akan bermalam di puncak Lobuche (6.100 mdpl).Ini merupakan program aklimatisasi ke ketinggian 6.000 mdpl, sebelum melakukan aklimatisasi sampai dengan ketinggian 7.300 mdpl.Tim akan selelsai melakukan proses aklimatisasi sampai ketinggian 7.300 mdpl maksimal pada tanggal 10 Mei 2012.Setelah itu baru persiapan pendakian sebenarnya.Kondisi cuaca hari ini cukup panas dan terik dengan suhu 18,4 derajat Celcius.

Tim Utara : Pada pukul 15.15 Waktu Tibet (WT) atau pukul 14.15 WIB Tim Utara sampai di Desa Tingri (4370 mdpl) setelah menempuh perjalanan selama 4 jam dari Desa Nyalam (3700 mdpl).Tim bermalam di Desa tersebut dan bangun pagi pukul 09.15 WT serta sarapan.Pukul 11.00 WT Tim melakukan aklimatisasi, kondisi cuaca pun cerah dan mendukung. Tim beristirahat di titik tertinggi jalan (5.080 mdpl) pintu gerbang antara Nyalam dan Tingri.

Jum'at, 20 April 2012
Tim Selatan : Laporan dari Ardhesir Yaftebbi via email,hari ini tim stirahat di Lobushe Base Camp (4.900 mdpl). Kondisi tim sehat dan tetap bersemangat dan riang gembira.

Tim Utara : Laporan dari Galih Donikara,manajer Tim Utara via sms Satphone,hari ini adalah malam ke-2 Tim menginap di Tingri (4.370 mdpl). Tadi siang Tim melakukan aklimatisasi hiking sampai dengan ketinggian 4.700 mdpl. Kondisi tim sehat, makan banyak, rencana besok pagi pukul 09.00 waktu Tibet atau pukul 08.00 WIB, Tim akan bergerak menuju Everest Base Camp (5.200 mdpl), Jaraknya sekitar 80 km dari Tingri.

Sabtu, 21 April 2012
Tim Selatan: Tim melakukan pendakian dari Lobuche Base Camp le Lobuche summit camp (5965 mdpl). Perjalanan melalui punggungan yang tipis dan bersalju. Summit camp terletak di ridge (lereng gunung) yang tipis, bersalju dan berbahaya.

Tim Utara: Tepat pukul 13.00 WT, Tim tiba di EBC Utara (5200 mdpl) setelah menmpuh perjalanan selama 4 jam dari Tingri (4370 mdpl). Tim sempat mampir di Monastry Rongbuk untuk melakukan doa bersama dan membersihkan diri di mata air Qomalungma. Kondisi cuaca cerah dan Tim dalam keadaan sehat. Saat ini terjadi hujan salju jadi Tim masuk tenda masing-masing untuk beristirahat dan menanti makan malam.

Minggu, 22 April 2012
Tim Selatan : Laporan Ardeshir via e-mail, pukul 08.00 WN, Tim bergerak melakukan summit attack. Perjalanan melalui ridge yang tipis dengan cara moving together. Angin kencang menerpa saat menjelang puncak, dengan temperatur mencapai minus 20 derajat Celsius. Pukul 10.30 Tim tiba di puncak Lobuche (6090 mdpl). Pada perjalanan turun, Tim kembali dilanda angin kencang. Alhamdulillah, sore hari Tim sudah tiba kembali di Base Camp Lobuche 94900 mdpl). Disini Tim menginap lagi satu malam. Kondisi Tim baik dan sehat.

Tim Utara: Laporan Nurhuda via sms satphone, hari ini restday, setelah acara puja Tim packing perlengkapan untuk dikirim ke ABC (Advance Base Camp) 6500 mdpl.

Senin, 23 April 2012
Tim Selatan: Laporan Ardeshir lewat satphone, hari ini tim bergerak dari basecamp Lobuche menuju basecamp Everest. Perjalanan lancar dari siang hari. Tim tiba di basecamp Everest.

Tim Utara: Laporan Nurhuda via sms satphone, kegiatan seharian full aklimatisasi, selama 9,5 jam Tim melakukan tracking pulang pergi basecamp to basecamp sampai dengan ketinggian 5700 mdpl.

Selasa, 24 April 2012
Tim Selatan: Laporan Ardeshir via e-mail, hari ini Tim beristirahat Everest base camp.

Tim Utara: :Lap. Nurhuda via sms-satphone, hari ini tim istirahat dan melakukan kegiatan sekitar BC. Kondisi cuaca cerah disertai angin kencang, suhu pada malam hari mencapai -9 sd -12 derajat Celsius. Kondisi Tim sehat.

Rabu, 25 April 2012
Tim Selatan: Laporan Ardeshir via e-mail, tim masih beristirahat di Everest Base Camp.

Tim Utara: Laporan Nurhuda via sms satphone, tim hari ini beristirahat di basecamp.

Kamis, 26 April 2012
Tim Selatan: Laporan Ardeshir via e-mail, hari ini sebenarnya msih restday, tetapi tim sengaja turun ke Gorakshep untuk mengirim gambar lalu kembali ke EBC. Besar kemungkinan Tim hanya melakukan 1 kali aklimatisasi menuju camp 1, 2, dan 3. Hal ini karena kondisi Khumbu Ice Fall tahun ini lebih berbahaya. Jalur terus rusak setiap hari, sampai Ice Fall Doctor (Sherpa spesialis ice fall) yang sudah punya pengalaman selama 25 tahun bingung harus berbuat apa. Menyikapi kondisi tersebut, besok (Jumat, 27 April 2012) Tim akan melakukan aklimatisasi lagi ke camp 1 Pumori (5900 mdpl) untuk mengupayakan Tim dapat bergerak cepat saat melewati ice fall. Kemungkinan Tim baru akan melakukan aklimatisasi ke camp 3, pada tanggal 29 April 2012, tetapi ini masih tentatif. Kondisi tim sehat. Cuaca cerah, suhu berkisar 5-10 derajat Celsius.

Tim Utara: Laporan Nurhuda via sms satphone, Tim melakukan perjalanan menuju intermediate camp, 5800 mdpl. Rencananya tim akan tinggal di intermediate camp untuk melakukan aklimatisasi. Rencana pergerakan tim selanjutnya menuju ABC (Advance Base Camp) 6500 mdpl pada 28 April 2012, dan camping disini. Pada 30 April 2012, Tim mencoba untuk mencapai Northcol (NC) 7000 mdpl. Jika kondisi tim bagus, akan camping di NC tetapi jika tidak, alam kembali turun ke ABC. Pada 1 Mei 2012 akan turun lagi menuju EBC.

Jumat, 27 April 2012
Tim Selatan: Lap Ardeshir via sms satphone, pada pagi hari tim aklimatisasi kembali ke camp 1 Pumori (5900 mdpl) dan akan memulai naik ke Camp 1,2,3 Everest pada 1 Mei. Kondisi cuaca pada pagi hari cukup cerah dan suhu 7 derajat celsius. Sore harinya, tim sudah kembali ke EBC, setelah aklimatisasi dari camp 1 Pumori. Keadaan ciaca pada sore hari pun cerah hanya saja saat ini sedang turun salju dan suhu berkisar -3 derajat celsius. Kondisi tim sehat. Namaste

Tim Utara: (Lap. Nurhuda via sms satphone): Pendaki Utara hari ini melakukan aklimatisasi sampai ketinggian 6100 mdpl, sekarang sudah kembali ke interm camp. Cuaca saat ini buruk, besok 28 April 2012 kalau cuaca belum membaik tim akan menunda untuk ke ABC (Advance Base Camp) 6500 mdpl.

Sabtu, 28 April 2012
Tim Selatan: Lap Ardeshir via sms satphone: Pada pkl 8 pagi di basecamp everest, aktivitas pagi baru berjalan. Secangkir dut cha (the susu) panas diantar ke tenda masing-masing. Matahari baru mulai terasa hangat. Suhu naik menuju 10 derajat celsius. Hari ini ternyata tim hanya beristirahat saja. Besok 29 April 2012 tim akan kembali mencoba latihan di ice fall. Keadaan tim sehat semua.

Tim Utara: Lap Galih Donikara via sms satphone: Tim menuju Advance Base Camp untuk melakukan aklimatisasi.

Minggu, 29 April 2012
Tim Selatan: Lap Ardeshir via sms Satphone: Tim baru selesai latihan di ice fall, Tim mencoba latihan berjalan melintasi crevasse menggunakan tangga. Cuaca sangat cerah, suhu kira-kira 30 derajat celsius. Tim dalam kondisi sehat dan baik. Rencananya pada tanggal 1- 7 Mei, tim akan melakukan aklimatisasi terkahir, tujuan ke camp 3 (7300 mdpl). Lalu stand by menunggu aklimatisasi di Advance Base Camp.

Tim Utara: Lap Galih Donikara via sms satphone: Tim sedang melakukan aklimatisasi di Advance Base Camp.

Senin, 30 April 2012
Tim Selatan: Lap Ardeshir via sms satphone: Salam, Tim seharian ini beristrrahat, persiapan untuk naik dini hari nanti (00.30) ke camp 1. Cuaca cerah, angin sepoi-sepoi. Sore harinya, diputuskan rencana untuk pendakian ke camp 3 yang seharusanya tanggal 5 Mei 2012, diundur 1x24 jam karena alasan cuaca di sekitar camp 2 sangat buruk.

Selasa, 1 Mei 2012
Tim Selatan : (Lap.Ardeshir via sms Satphone): Salam Tim pada jam 00.30 nanti akan bergerak dari BC (5.364 m) ke camp 1 (6.000 m).Target waktu 7 jam perjalanan.Tim dalam kondisi sehat,cuaca cerah dengan suhu -10 C.Salam.

Tim Utara : (Lap.Galih via sms-Satphone) : Selama 3 hari (trehitung tanggal 1 Mei-3 Mei 2012),tim akan recovery di Base Camp (5.300 mdpl).Dan direncanakan mulai naik pada tanggal 4 Mei 2012 menuju North Col (7.000 mdpl) dan Tim akan mengusahakan naik sampai Camp 1.Pesan dari Manajer Tim Utara,Galih Donikara : Sudah 1 bulan ini kami pergi jauh menunaikan tugas demi Tanah air,tinggi langkah kami ini guna mencapai cita Ibu Pertiwi. Semoga kami tidak menyerah karena lelah dan tidak surut karena takut karena kami yakin Bapak, Ibu dan keluarga di Indonesia dengan tulus, ikhlas dan tanpa henti mendukung,mendoakan kami para putramu yang sedang berjuang di sisi selatan dan utara Everest. Semoga kami diberi kesehatan,kelancaran,kesuksesan dan keselamatan.Demikian juga keluarga di Tanah air.


Rabu, 2 Mei 2012
Tim Selatan : Tim berangkat tadu shubuh pukul 00.30 untuk aklimatisasi ke camp 1 (6.100 mdpl).Tiba di camp 1 jam 08.15.Besok pagi tim akan melanjutkan perjalanan ke camp 2 kemudian beristirahat selama 2 hari lalu lanjut menuju camp 3.

Tim Utara : (Lap.Galih Donikara via sms Satphone): Tim melakukan recovery di Base Camp.


Kamis, 3 Mei 2012
Tim Selatan : (Lap.Ardeshir via sms Satphone) : Tim Selatan hari ini beristirahat di Camp 2.

Tim Utara : (Lap.Galih Donikara via sms Satphone) : Tim masih melakukan recovery di Base Camp.


Jum'at, 4 Mei 2012
Tim selatan : (Lap.Ardeshir via sms Satphone),Tim Selatan hari ini masih beristirahat di Camp 2,Besok Tim akan mencoba naik 300 mdpl dari Camp 2 untuk beraklimatisasi.Pada tanggal 6 Mei 2012,Tim rencananya akan naik menuju Camp 3 (7.300 mdpl) dan bermalam disana.Saat ini,suhu -8 derajat celcius dan bersalju.Keadaan Tim dalam kondisi sehat.

Tim Utara : (Lap. Galih Donikara via sms Satphone),berikut jadwal Tim Utara : 5 Mei 2012 menuju Intermediate Camp,6 Mei 2012 menuju Advance Base Camp,7 Mei 2012 beristirahat di Advance Base Camp, 8 Mei 2012 menuju Northcol,9 Mei 2012 menuju katinggian 7.300 mdpl lalu kembali ke Advance Base Camp,10 Mei 2012 menuju Everest Base Camp,11-13 Mei 2012 beristirahat di Everest Base Camp,lalu kembali ke Intermediate Camp pada tanggal 14 Mei 2012,dan pada 15 Mei 2012 tim akan berada di Advance Base Camp,16 Mei 2012 akan Window Summits,tetapi tim kembali meeting dan menghasilkan skenario baru seandainya window summit datang lebih awal,para pendaki sehat dan siap maka pada tanggal 10 Mei 2012 akan stay di Advance Base Camp,11 Mei 2012 beristirahat di Advance Base Camp,12 Mei menuju Northcol,13 Mei 2012 menuju Camp 2,14 Mei 2012 menuju Camp 3,dan InsyaAllah summit pada tanggal 15 Mei 2012.

Sabtu, 5 Mei 2012
Tim Selatan: Tim akan mencoba naik 300 mdpl dari Camp untuk beraklimatisasi.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone), hari ini Tim sedang menuju Intermediate Camp.

Minggu, 6 Mei 2012
Tim Selatan: Pada tanggal 6 Mei 2012, Tim rencananya akan naik menuju Camp 3 (7.300 mdpl) dan bermalam disana.
Tim Utara: (lap. Galih Donikara via sms Satphone), hari ini Tim 6 Mei 2012 menuju Advance Base Camp.

Senin, 7 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Hencdricus via sms Satphone), Tim Selatan pada jam 09.00 WN pagi telah kembali dari camp 3 Everest (7.300 mdpl) ke Camp 2. Ini akhir dari aklimatisasi. Tinggal menunggu cuaca terbaik untuk summit attack.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone), Tim berisitirhata di Advanced Base Camp

Selasa, 8 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Hencdricus via sms Satphone), Tim jam 5 pagi menuju Everest Base Camp untuk recovery dan menanti weather forecast yang terbaik bagi pendakian puncak Everest 8848 mdpl.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone), Tim masih berada di Advance Base Camp.

Rabu, 9 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Ardeshir via sms Satphone): Hari ini Tim Selatan bertemu dengan tim Bravo yang terdiri dari Remy Tjahari, Yoppi Rikson Saragih, Trinovi Senapi, Dedi Setiadi Sukarya, Bagus Setiardja, Asep Djauhari, Ami Saragih, Dwi Banari, 2 orang kru Metro TV ( Lori Singer serta Antonius Massake) dan 1wartawan Kompas (Harry Susilo) di Gorakshep.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara melalui Bpk. Ipong Witono), Tim Utara sedang merintis pendakian ke Northcol (7000 mdpl) dan ketinggian 7.500 mdpl. Tim Utara maupun Selatan sedang menanti Window Summit terbuka. Insya Allah jika cuaca bagus dan kondisi kesehatan baik, pendaki akan memuncak pertengahan bulan ini atau akhir bulan.

Kamis, 10 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Ardeshir via sms Satphone): Hari ini, Tim bersama dengan Tim Bravo naik ke Everest Base Camp dan makan siang bersama disana, lalu turun kembali ke Gorakshep.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone), Hari ini Tim dari Northcol akan menuju Advance Base Camp.

Jumat, 11 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Ardeshir via sms Satphone): Hari ini Tim berpisah dengan Tim Bravo yang turun kembali.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone): Tim beristirahat di Advance Base Camp.

Sabtu, 12 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Ardeshir Yaftebi via sms Satphone): Tim Selatan dan reporter Kompas, Harry Susilo, sekarang sedang stay di Gorakshep dan melakukan recovery.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone): Tim kembali menuju Northcol.

Minggu, 13 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Ardeshir Yaftebi via sms Satphone): Tim hari ini masih berada di Gorakshep
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone): Hari ini Tim akan menuju Everest Base Camp

Senin, 14 Mei 2012
Tim Selatan: (Lap. Ardeshir Yaftebi via sms Satphone), hari ini, Tim kembali ke Base Camp untuk melakukan pendakian pada tanggal 15 Mei 2012, dan diperkirakan akan summit pada 19 Mei 2012.
Tim Utara: (Lap. Galih Donikara via sms Satphone), berikut rencana pergerakan Tim Utara jika tidak ada hambatan, 16 Mei 2012: Tim bergerak mendaki menuju 7000 mdpl, 17 Mei 2012: Manuju Camp 2 (7.800 mdpl), 18 Mei 2012: menuju Camp 3 (8.300 mdpl), 19 Mei 2012 : Summit
 
#luckycasanova

Tidak ada komentar:

Posting Komentar